Yaitu Teknologi Injeksi pada Mobil .
Teknologi ini sudah berkembang pesat pada masa ini dan bahkan telah banyak mobil-mobil yang menerapkan teknologi ini .
untuk lebih jelasnya silahkan baca dibawah ini .
selamat membaca dan semoga bermanfaat ya :)
TEKNOLOGI INJEKSI PADA MOBIL
Injeksi bahan bakar adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam (internal Combustion Engine) untuk
mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan
tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator.
Dan injeksi bahan bakar juga dapat mengontrol
pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan
keseragaman.
Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal,
elektronik atau campuran dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal namun
sekitar 1980
mulai banyak menggunakan sistem elektronik.
mulai banyak menggunakan sistem elektronik.
Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk
memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan
bakar yang diperlukan. Oleh karena itu injeksi bahan bakar dapat
meningkatkan efisiensi bahan bakar dan
mengurangi polusi,
dan juga memberikan tenaga keluaran yang lebih.
TUJUAN
TUJUAN
Tujuan
utama pemakaian sistem injeksi sangatlah beragam. Beberapa tujuan pemakaian itu
antara lain :
- keluaran tenaga mobil
- Efisiensi bahan bakar
- Performa
- Kemampuan untuk memakai bahan bakar alternatif
- Daya tahan
- Pemakaian mobil yang halus
- Biaya awal
- Biaya perawatan
- Kemampuan untuk didiagnosa
- Kemampuan dioperasikan di mana saja
- Tuning mesin
KEUNTUNGAN
Keuntungan sistem injeksi terutama untuk operasional mesin
Keuntungan yang didapat pengemudi dari adanya mesin berteknologi
injeksi adalah kendaraan menjadi lebih halus dan lebih respon mesin yang lebih
bisa diandalkan karena adanya transisi throttle yang cepat, menyalakan mobil lebih mudah,
lebih tahan terhadap suhu ekstrem, meningkatkan interval perawatan kendaraan,
dan meningkatkan efisiensi. Lebih jauh, mesin dengan injeksi tidak perlu
dipanaskan terlebih dahulu seperti pada mesin karburator.
Rasio antara bensin dengan udara di dalam mesin pasti akurat
karena semuanya dikontrol untuk mendapatkan performa mesin terbaik, emisi, dan
efisiensi.
Banyak sistem injeksi bahan bakar modern yang sangat akurat, mereka
menggunakan berbagai sensor komputerisasi yang canggih.
Sistem injeksi
bahan bakar dapat bekerja dengan cepat terhadap perubahan posisi throttle dan mengontrol jumlah bahan bakar yang
dimasukkan sesuai dengan kemauan mesin sesuai dengan kebutuhan (misalnya engine
load, suhu udara, temperatur mesin, level oktan bahan bakar, dan tekanan
atmosfer.
1. Intake air temperature (IAT)
2. Throtle body
- a. Throttle valve
- b. Throttle position sensor
4. Idle air Control (IAC)
5. Idle speed adjusting screw (ISAS)
6. Mass air flow (MAF)
- a. Measuring plat type.
- b. Measuring core type H.
- c. Heat resistor type.
*Nah, cukup sekian . untuk penjelasan yang lebih detail mengenai apa saja komponen-komponen utama sensor injeksi , akan saya ulas di posting saya selanjutnya .
terimakasih :)
pertamax
BalasHapusscanner mobil